Free Lines Arrow

Welcome To My Blog

Berbagi Ilmu
Home » » TUGAS 1 SOFTSKILL BAHASA INDONESIA : PERAN, FUNGSI DAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

TUGAS 1 SOFTSKILL BAHASA INDONESIA : PERAN, FUNGSI DAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA

Written By Unknown on Minggu, 27 September 2015 | 22.54

A. Peranan Bahasa Indonesia dalam kaitannya dengan Jurusan Sistem Informasi

          Bahasa Indonesia adalah bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia.

Menurut Walija "Bahasa ialah komunikasi yang paling lengkap dan efektif untuk menyampaikan ide, pesan, maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain".

       Maka dari itu Bahasa Indonesia berperan penting sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia, dikarenakan bangsa Indonesia memiliki banyak suku dan bahasa yang berbeda-beda. Dan kaitannya dengan Jurusan Sistem Informasi yaitu dikarenakan mahasiswa belum mampu menggunakan Bahasa Indonesia secara lisan maupun tulisan. Karena Bahasa Indonesia digunakan untuk tugas, wawancara, skripsi, penulisan ilmiah, dan lain-lain.

B. Fungsi Bahasa Indonesia

        Fungsi umum bahasa indonesia adalah sebagai alat komunikasi sosial. Bahasa pada dasarnya sudah menyatu dengan kehidupan manusia. Aktivitas manusia sebagai anggota masyarakat sangat bergantung pada penggunaan bahasa masyarakat setempat. Gagasan, ide, pikiran, harapan dan keinginan disampaikan lewat bahasa.

         Selain fungsi bahasa diatas, bahasa merupakan tanda yang jelas dari kepribadian manusia. Melalui bahasa yang digunakan manusia, maka dapat memahami karakter, keinginan, motif, latar belakang pendidikan, kehidupan sosial, pergaulan dan adat istiadat manusia.

       Menurut Sumiati Budiman mengemukakan bahwa fungsi bahasa dapat dibedakan berdasarkan tujuan, yaitu :

1. Fungsi praktis :
   Bahasa digunakan sebagai komunikasi dan interakis antar anggota masyarakat dalam pergaulan hidup sehari-hari.
2. Fungsi kultural
    Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyimpan, menyebarkan dan mengembangkan kebudayaan.
3. Fungsi artistik
    Bahasa digunakan sebagai alat untuk menyampaikan rasa estetis (keindahan) manusia melalui seni sastra.
4. Fungsi edukatif
    Bahasa digunakan sebagai alat menyampaikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5. Fungsi politis
   Bahasa digunakan sebagai alat untuk mempusatkan bangsa dan untuk menyelenggarakan administrasio pemerintahan.

          Maka dari itu fungsi Bahasa Indonesia agar berbagai macam suku yang ada pada bangsa Indonesia dapat berinteraksi untuk terwujudnya persatuan.

C. Perkembangan Bahasa Indonesia dan IPTEK

          Pada Undang-Undang Dasar 1945 pasal 36 yaitu "Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia". Dengan di sahkannya Undang-Undang Dasar 1945, Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara Indonesia pada tahun 1945.

          Menurut Sunaryo, tanpa adanya bahasa (termasuk bahasa Indonesia) iptek tidak dapat tumbuh dan berkembang. Selain itu bahasa Indonesia di dalam struktur budaya, ternyata memiliki kedudukan, fungsi, dan peran ganda, yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa peran bahasa serupa itu, ilmu pengetahuan dan teknologi tidak akan dapat berkembang. Implikasinya di dalam pengembangan daya nalar, menjadikan bahasa sebagai prasarana berfikir modern. Oleh karena itu, jika cermat dalam menggunakan bahasa, kita akan cermat pula dalam berfikir karena bahasa merupakan cermin dari daya nalar (pikiran).

          Maka dari itu Bahasa Indonesia & IPTEK memiliki hubungan sebagai alat bantu penerjemah bahasa. Dikarenakan makin banyaknya orang Indonesia yang baru mencoba teknologi, disitulah fungsi penerjemah Bahasa Indonesia dalam IPTEK.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar